CARA MENYIKAPI KRITIK

Kritik memiliki banyak bentuk, bisa berupa nasehat, obrolan, sindiran, guyonan hingga cacian pedas, wajar jika setiap orang tidak suka akan kritik.
Walau bagaimanapun akan lebih menyenangkan jika kita berlaku dan tampil sempurna, memuaskan semua orang, dan mendapatkan pujian, namun tidak ada yang menjamin bahwa kita akan aman dari kritikan.
  • Ubah paradigma terhadap kritik
          Tidak semua kritik itu benar dan perlu ditanggapi, namun kritik merupakan kesempatan kita                untuk koreksi diri.
  • Cari tahu sudut pandang si pengeritik
          Tidak ada salahnya mencari tahu detil kritik yang disampaikan karena bisa jadi kritik tersebut              benar adanya sehingga membuka wawasan dan erubah persepsi kita. 
  • Kritik tidak perlu dibalas dengan kritik
           Tanggapi kritik dengan bijak, karena menyampaikan pendapat adalah hak semua orang,                       jangan    pernah balas kritik dengan kritik pula karena itu akan menjadi perdebatan yang                       menguras tenaga maupun pikiran.
  • Terimalah kritik dengan 😊
           Dengan adanya kritik akan melatih mental kita untuk lebih tegar menghadapi ujian hidup dan             untuk mengasah keberanian dalam menerima kritikan tersebut, ingat pujian dan apresiasi                     hanya akan datang bila kita sudah melakukan sesuatu yang berharga.

Jadi jangan bosan untuk memburu kritik dan tanggapilah kritik itu dengan lapang dada. Terima kasih.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KETIKA DIDERA HUTANG RATUSAN JUTA

Tips Hidup Bahagia

PERASAAN SEDIH YANG TAK BERUJUNG