KETIKA DIDERA HUTANG RATUSAN JUTA

Tidak banyak yang bisa disampaikan karena situasi diatas memang cukup sulit terselesaikan. Penyebabnya timbul pun juga banyak faktor dari mulai berspekulasi usaha ataupun untuk memenuhi kebutuhan hidup dan sampai salah perhitungan, sehingga tak terasa angka2 yang fantastik itu muncul dan harus di pertanggungjawabkan, dengan berbagai cara dan upaya menyelesaikan hal tersebut tetapi tetap saja belum ada kata LUNAS.
Penulis disini tidak akan memberikan solusi atau gimana cara agar terlepas dari situasi tersebut diatas, tetapi lebih sekedar berbagi pengalaman dan mudah2an ini membuat kita yang mengalaminya tidak makin terpuruk karena pastinya situasi ini juga banyak yang pernah dan masih mengalaminya, terlepas masalahnya bisa tuntas atau masih dalam proses penyelesaian. Akibat dari situasi tersebut juga akan banyak membawa perubahan baik secara FISIK & MENTAL ... tidak selera makan akhirnya badan menjadi kurus, rambut rontok hebat, mata menjadi bengkak karena menangis setiap malam memikirkan hutang, pikiran jadi ngawur nggak konsentrasi baik dirumah maupun dipekerjaan, timbul perasaan tidak nyaman bila bertemu orang dan suka ketakutan bila HP berbunyi dan terutama keluarga yang dirumahpun ikut kena imbasnya dan syukur2 tidak sampai jatuh sakit bahkan mungkin ada pikiran mau kabur aja deh ntah kemana.
Step 1 : NIAT ⇆  Dalam hati dan pikiran tanamkan bahwa ini harus tuntas
Step 2  : IBADAH & DOA ⇆ Perbaiki iman dan ibadah kita agar diri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan aktif berdoa karena sesungguhnya Allah SWT tidak akan menjauhi kita walaupun kita ini umat yang penuh dosa ( kapok lombok ) dan semuanya kembali kepada-NYA dan akan membuat hati & pikiran kita menjadi lebih lapang ( sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing ).
Step 3 : CARI TAMBAHAN ⇆ Diluar dari pendapatan bulanan ya...ini cukup berat apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki multi talenta seperti penulis 😃 mulai jualan apa aja seperti aset ( rumah & kendaraan bahkan tanah ), baju, perlengkapan baby, perhiasan ataupun barang2 bekas yang masih layak pakai deh, bahkan bisa juga mulai ngumpulin sampah2 dus dan botol minuman untuk dijual lagi. Buka sewaan ntah itu kamar atau barang2 pribadi yang bisa disewakan bahkan bisa juga jual jasa seperti jasa bersih2, jasa masak ataupun jasa penitipan hewan peliharaan. 
Bisa juga ikut usaha online dengan modal kecil atau tanpa modal, kalau toh ada tawaran dengan modal besar silahkan saja ikut sesuai kemampuan dan hati nurani ( apakah ini asli atau hanya penipuan, diluar tanggungjawab penulis ya 😉 )
Step 4 : PASRAH ⇆  Apabila kita sudah mengikuti step by step diatas tinggal menunggu hasil, karena setiap usaha dan upaya yang dilakukan apakah menghasilkan sesuatu yang besar atau sesuatu yang kecil bahkan mungkin tidak ada hasil sama sekali jangan membuat kita menyerah dan berputus asa karena kembali lagi ke Step 2 ada SANG PENCIPTA, manusia boleh berusaha tetapi tetap Allah SWT yang menentukan hasil akhirnya. 
Yang namanya hutang itu wajib di selesaikan walaupun gimana caranya, dan satu lagi yang kelupaan yaitu SEDEKAH bagi penulis lebih baik kita bayarkan saja hutang  kepada orang yang kita hutangi karena pastinya mereka juga butuh duit tersebut ( maaf kan bila opini ini salah ).

Terlepas dari semua tulisan diatas penulis hanya ingin menyampaikan bahwa apapun permasalahan yang kita hadapi sebaiknya jauhkan diri kita dari unsur klenik dan pikiran negatif, kita tidak sendiri walaupun mungkin tidak akan ada seorangpun yang bisa membantu bahkan mungkin keluarga kita pun tidak akan bisa membantu menyelesaikan hutang kita, ibarat telur di ujung tanduk...percayalah TUHAN YME selalu berada di samping kita apapun kondisi kita.

Marilah kita saling mendoakan agar penulis dan pembaca blok ini selalu dalam keadaan sehat, dimurahkan rejeki, dipermudah semua urusan dan usaha dan tentunya semua hutang menjadi LUNAS, amin YRA. tetap semangat dimanapun anda berada 😊


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Hidup Bahagia

PERASAAN SEDIH YANG TAK BERUJUNG